Golden Triangle

Golden Triangle
Adenium Obesum Bonggol Emas

22 Agustus 2007

Bintaro. 22 Agustus 2007

Harga tanaman tinggi, tak apa lah. Tak perlu demo atau protes. Toh daun aglaonema tidak bisa digunakan untuk beli beras atau minyak tanah.

Sampai hari ini yang paling seru memperdebatkan mengapa harga tanaman bisa demikian tinggi.

Mungkin salah satu penyebabnya adalah kolektor 'sableng' macam kita-kita ini. Bila sudah suka dan kepincut tanaman rasanya memang harus punya.

Tapi toh ada pilihan lain. Yang lebih baik dan bijaksana serta dituntut untuk melatih kesabaran. Beli bibit yang baik dan pelihara dengan tekun. Pasti hasilnya mantap.

Pilihan lain lagi ...., minta ke tetangga, teman, or saudara. Bener lho. Sering, atau kadang-kadang, di rumah tetangga, teman atau saudara ada harta karun. Barangkali saja ada adenium yang sudah 20 tahun dibiarkan di halaman, dan sudah waktunya mau diganti. Barangkali saja ada cobra atau jemani di pojok belakang sudah besar tapi tidak terurus. Dengan 1 dan 2 sentuhan mereka jadi indah lagi.

Jadi jangan ragu untuk meneruskan hobi bercocok tanam. Jangan biarkan harga tinggi membuat patah semangat, bahkan anggap saja insentif karena kalau tanaman yang kita rawat menjadi ciamik bisa jadi teranggap investasi.

Tidak ada komentar: